Rabu, 31 Agustus 2011

Barcangel - Mes D'Una Dona (copas dari notesnya Om Presiden Indobarca) hehe..

Bicara sepakbola rasanya kurang kalau tidak membicarakan supporternya. Oleh karena itu kehadiran Indobarca sebagai sebuah komunitas pendukung FC Barcelona di Indonesia sangat ditunggu tunggu oleh para fans El Barca di Indonesia. Yang menarik, tidak sedikit dari member Indobarca berjenis kelamin wanita. Indobarca menyebut para fans barca wanita dengan sebutan Barcangel. Kehadiran Barcangel sama tuanya dengan kehadiran dari Indobarca, karna lahirnya Indobarca juga tidak lepas dari kontribusi Barcangel.

Barcangel sendiri memiliki makna sebagai Angel dari pemain dan fan Barca. Angel diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti Malaikat. Diharapkan kehadiran Barcangel menjadi spirit tersendiri buat pemain dan fan Barca dalam mendukung El Barca. Banyak pertanyaan yang diterima oleh pengurus IndoBarca, kenapa tidak diambil dari bahasa Catalonia atau bahasa Spanyol. Hal ini menunjukkan filosofi IndoBarca, dan Barcangel khususnya bersifat umum (general) dalam mendukung Barca, tidak ada pengkotak-kotakan dan diskriminasi dalam Barcangel, layaknya Bahasa Inggris yang menjadi bahasa pemersatu dunia, Barcangel diharapkan menjadi pemersatu para fan Barca perempuan.

Barcangel memegang peranan penting di IndoBarca. Salah seorang Barcangel, Amel Sehan, adalah salah seorang pendiri nya IndoBarca. Menurut perempuan yang juga berprofesi sebagai dokter gigi ini, kecintaanya terhadap Barcelona mendorong dirinya untuk ikut ambil bagian mendirikan IndoBarca. Amel juga yakin, Barcangel sekarang jauh dari kesan Glory Hunter, karena seperti dirinya yang justru membidani lahirnya IndoBarca saat El Barca terpuruk 3-4 tahun yang lalu.

Para Barcangel ini juga bukan hanya numpang lewat saja di IndoBarca. Selain sebagai pemanis di setiap kegiatan IndoBarca, beberapa Barcangel juga menduduki posisi penting di Indobarca. Empat Koordinator Chapter Indobarca adalah seorang Barcangel. Mereka adalah Yanti (Jambi), Astri (Bandung), Astria (Surabaya) dan Asriah (Makassar). 4 Chapter ini adalah 4 kota besar yang memiliki basis pendukung Barca yang cukup banyak. Bukan hanya itu, masih ada Yuanita Safitri (Sekretaris) dan Vira Mutiara (Bendahara). Secara organisasi kedua perempuan ini menduduki posisi kedua dan ketiga di IndoBarca setelah jabatan Presiden.

Karna betapa pentingnya posisi Barcangel bagi IndoBarca, sejak berdirinya IndoBarca, ditunjuk satu orang yang mengurusi Barcangel. Posisi yang sekarang dipegang oleh Nancy Moore ini menjadi wadah aspirasi para Barcangel. Misalnya pembuatan kaos dan Jersey khusus perempuan sampai mengadakan kegiatan khusus Barcangel. Yang paling menarik adalah mulai terbentuknya tim futsal Barcangel. Tim Futsal yang penanggungjawabnya adalah Ratih Permata (juga seorang Barcangel) ini sudah mengadakan latihan turin tiap minggunya. Tim Futsal Barcangel diambil alih pengelolaannya di bawah Divisi Sport IndoBarca agar bisa lebih professional. Tim Futsal Barcangel akan menuju sebuah tim futsal yang semi professional yang beranggotakan seluruh Barcangel tanpa terkecuali. IndoBarca menyediakan seorang pelatih untuk melatih tim futsal Barcangel. Jadi buat kamu yang ingin menjadi pemain futsal atau hanya untuk sekedar mencari keringat, silahkan bergabung ke Tim Futsal Barcangel.

Menyambut musim 2011 / 2012 , Barcangel memiliki filosofi, Mes D’Una Dona yang memiliki arti Lebih Dari Sekedar Perempuan. Barcangel ingin menunjukan bahwa mereka bukanlah perempuan biasa. Bagaimana tidak, mereka rela bergadang atau bangun larut malam hanya untuk sekedar menonton pertandingan El Barca yang secara waktu selalu digelar dini hari waktu Indonesia. Bahkan banyak dari mereka juga pergi ke venue Nonton Bareng IndoBarca. Butuh kecintaan yang luar biasa untuk melakukan itu. Ini juga menunjukkan kalau Barcangel bukanlah sekelompok perempuan Glory Hunter. Bagaimana mungkin sekelompok Glory Hunter selalu mengikuti pertandingan El Barca yang digelar dini hari waktu Indonesia.

Di setiap kegiatan IndoBarca, terutama acara nonton bareng pertandingan El Barca, para Barcangel ini juga menunjukkan kecintaan mereka. Tidak jarang mereka berteriak, marah, menunjukkan emosi mereka, bahkan hingga naik ke atas meja saat menonton pertandingan El Barca. Filosofi Indobarca “Mes D’Una Communitat” dan El Barca “Mes Que Un Club” juga sudah merasuki para Barcangel ini. Tidak jarang mereka memberikan totalitas penuh kepada IndoBarca dan El Barca. Apalagi bila sudah berbicara persaingan El Clasico. Tidak jarang dari mereka mencoret wajah mereka dengan warna Blaugrana (merah-biru) atau warna Catalonia (merah-kuning) untuk menunjukkan jiwa Catalonia dan kebencian mereka terhadap kubu tim tuan rumah, Real Madrid. Jangan sesekali mengagumi Real Madrid di depan Barcangel. Alhasil anda akan adu argumentasi hebat dengan para Barcangel ini

Para Barcangel ini juga senang melakukan koleksi merchandise dari El Barca. Tentu saja, jersey Lionel Messi adalah yang paling diburu oleh para Barcangel ini.

Presiden IndoBarca, Muhammad Rizki, di dalam beberapa kesempatan, menyebut Barcangel ini adalah sekelompok perempuan hebat. “Butuh kecintaan yg luar biasa bagi seseorang Perempuan terhadap El Barca untuk ikut bergadang menonton pertandingan El Barca, yang juga tidak sedikit member laki laki ga bisa ngelakuinnya”. Tidak salah memang, di dalam organisasi yang dipimpinnya, Kibun, sapaan akrabnya, menaruh perhatian khusus terhadap Barcangel. Bahkan dia juga mengatakan bukan mustahil, jika Presiden IndoBarca selanjutnya adalah seorang Barcangel.

Kalau sudah begini, posisi Barcangel bukan hanya sekedar pelengkap dalam setiap kegiatan IndoBarca, atau pemanis dalam acara Nonton Bareng, tapi sesuai dengan filosfinya, Mes D’Una Donna, mereka lebih dari perempuan biasa, perempuan yang sangat mencintai El Barca, perempuan yang rela bergadang untuk mendukung FC. Barcelona dimanapun dan kapanpun.


salam,

Kiki Buncit





Source : http://www.facebook.com/notes/kiki-buncit/barcangel-mes-duna-dona/10150293674303324

Tidak ada komentar:

Posting Komentar