Selasa, 18 Januari 2011

Praktikum Biologi "Peredaran darah Katak"

Sistem peredaran darah katak adalah jenis tertutup. Namun, jantung katak hanya mempunyai 3 kamar. Ada 2 atrium dan satu ventrikel. Ada katup di jantung disebut katup spiral yang mengarahkan aliran darah. Ini berfungsi untuk mencegah darah oksigen dan terdeoksigenasi dari pencampuran.


Darah dari paru-paru dan kulit kembali ke atrium kiri, sedangkan darah dari tubuh pergi ke atrium lain. Salah satu faktor yang menarik dalam katak adalah bahwa kulit juga berfungsi dalam pertukaran gas. Jadi, atrium kiri menerima darah beroksigen, sementara kanan menerima terdeoksigenasi darah. Dari sana, darah dilewatkan ke dalam ventrikel tunggal.

Darah dari ventrikel dipompa ke dalam aorta bercabang. Untuk lebih spesifik, darah dari atrium kiri adalah dikirim ke kepala dan otak melalui arteri karotid. darah ini relatif murni dan oksigen. Arteri coeliacomesenteric terbagi menjadi arteri celiac, yang membawa darah ke perut dan pankreas, dan arteri mesenterika, yang membawa darah ke usus dan limpa. Arteri iliaka mengirim darah ke kaki.

Terdeoksigenasi darah dari atrium kanan dikirim ke kulit dan paru-paru menjadi oksigen melalui arteri pulmocutaneous. Meskipun darah melewati lengkungan aorta akan bercampur, ia masih memiliki cukup oksigen untuk memasok ke seluruh tubuh. Vena cava posterior mendapat darah dari hati, ginjal dan gonad. darah terdeoksigenasi dari anggota belakang mengalir ke vena panggul. Vena abdomen ventral terdeoksigenasi mendapat darah dari dinding tubuh dan kandung kemih.


source: http://www.scumdoctor.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar